1. Pembuatan Story Board dan Story line
Setelah ide ceita di buat oleh scriptwritter, maka selanjutnya Story Boardmaker membuat Story Board dan Story Line. Walaupun teknologi IT sudah semakin canggih, tetapi para Story BoardMaker membuatnya secara maual dengan tangan.
2. Persiapan Media dan Space
2. Persiapan Media dan Space
Rumput tiruan dilekatkan pada plat baja dan semua property termasuk rumah-rumahan, pohon-pohonan, meja, rerimbunan tanaman, dll dipasang magnet pada bagian dasarnya sehingga bisa melekat kuat pada rumput supaya posisi tetap terjaga. Latar belakang berupa layar dengan gambar sesuai dengan situasi scene dan didukung tata cahaya sedemikian rupa. Perlengkapan perbengkelan sepertinya sudah menjadi keharusan pada tahap ini.
3 3. Pembuatan Property dan Kostum
Semuanya dibuat manual menggunakan tangan oleh seorang Property Maker untuk menghasilkan bentuk yang seperti seharusnya. Inilah komentar dari Property Maker Helen Javes : “Semuanya dibuat manual, sehingga sangat rumit. “Bahkan kaki meja dibuat manual untuk mendapatkan bentuk yang tepat.” Pekerjaan Property maker bukan tanpa risiko. Jari teriris pisau tajam, dan terbakar akibat panas dari lem adalah resiko pekerjaan sehari-hari.
Kalau model cikal-bakal animasi stop motion (primitif) dibuat menggunakan lempung (tanah liat), maka disini Model dibuat menggunakan bahan semacam plasticine atau silikon yang beberapa didalamnya telah dipasang kawat. Sebenarnya untuk bahan bisa digunakan apa saja yang penting mudah dibentuk dan tidak mudah patah saat dilakukan perubahan-perubahan gerakan (stop motion). Setiap bagian anggota tubuh dapat dilepas dan dipasang dan setiap tokoh bisa memiliki beberapa buah untuk bagian tubuh yang sama (mata, kepala, kaki, telinga, rambut, bibir/mulut, dll) untuk memudahkan perubahan ekspresi karakter.
5. Pengaturan Ekspresi
Ekspresi Wajah merupakan bagian yang penting untuk menggambarkan kondisi hati tokoh/karakter dalam hal ini Domba-domba kelompok dari shaun the sheep dan tokoh pendukung lainnya. Selain itu dengan adanya perubahan ekspresi diharapkan karakter akan terkesan lebih hidup. Perubahan Ekspresi dilakukan dengan mengubah bentuk kelopak mata, posisi titik hitam pada mata, bentuk mulut, tampilan gigi, telinga, rambut, dll. Sepertinya pada tahap inilah dibutuhkan ketelitian dan kesabaran paling ekstra karena kesalahan akan dapat mempengaruhi konsistensi karakter.
6. Suku Cadang dan Penyimpanan
6. Suku Cadang dan Penyimpanan
Kalau dilihat sekilas seperti kotak penyimpanan mainan anak-anak 7. Pengaturan Posisi Karakter/Obyek (Stop Motion)
Sangat rumit, bukan? kebayang kan kalau misalkan kita menjadi salah satu dari kru mereka. Kudu sabar tentunya, tapi di balik semua itu hasilnya sangat bagus dan banyak di terima dan di gemari....
SINOPSIS
Inti dari seri animasi ini tentang Shaun yang memiliki kecerdasan seperti manusia, kreativitas, dan tingkah laku dalan lingkungan perternakan. di dalam epesode Shaun the Sheep, selalu saja ada masalh baik dari kawanan domba endiri ataupun dari perternak yang membuat Shaun urun tangan menyelesaikan masalah tersebut. Berbagai adegan lucu juga dihadirkan dalam seri animasi ini. Berulang kali kawanan domba menghindar dari Bitzer (meskipun Bitzer ikut dalam oertualangan), dan juga menghinari penemuan oleh peternak, karema kawan domba tida ingin peternak ikut campur dalam pertualangan mereka (meskipun kadang-kadang peternak ikut campur dalam pertualangan). Animasi ini seperti komedi diam klasik, karena tidak ada dialog atau perrcakapan dengan bahasa yang ditampilkan dalam animasi ini, sekalipun manusia. Tetapi, beberapa ekspresi ditambahkan seperti graman sederhana, embikan, atau pun beberapa ekspresi lain yang seperti manusia yang melambangkan suasan hati masing-masinng.
Inti dari seri animasi ini tentang Shaun yang memiliki kecerdasan seperti manusia, kreativitas, dan tingkah laku dalan lingkungan perternakan. di dalam epesode Shaun the Sheep, selalu saja ada masalh baik dari kawanan domba endiri ataupun dari perternak yang membuat Shaun urun tangan menyelesaikan masalah tersebut. Berbagai adegan lucu juga dihadirkan dalam seri animasi ini. Berulang kali kawanan domba menghindar dari Bitzer (meskipun Bitzer ikut dalam oertualangan), dan juga menghinari penemuan oleh peternak, karema kawan domba tida ingin peternak ikut campur dalam pertualangan mereka (meskipun kadang-kadang peternak ikut campur dalam pertualangan). Animasi ini seperti komedi diam klasik, karena tidak ada dialog atau perrcakapan dengan bahasa yang ditampilkan dalam animasi ini, sekalipun manusia. Tetapi, beberapa ekspresi ditambahkan seperti graman sederhana, embikan, atau pun beberapa ekspresi lain yang seperti manusia yang melambangkan suasan hati masing-masinng.
KARAKTER
Karakter utama
- Shaun, pemimpin dari kawanan domba yang tinggal di sebuah perternakan. Shaun adalah domba pintar dan berteman baik dengan Bitzer.
- Bitzer, anjing yang setia dengan peternak dan merupakan sahabat dari Shaun. Bitzer suka menolong Shaun untuk memecahkan masalah.
- Shirley, salah satu domba yang paling senang makan. Oleh karena itu, Shirley merupakan domba yang paling besar dari kawanan domba yang dipimpin oleh Shaun.
- Timmy, seekor bayi domba dan merupakan sepupu dari Shaun. Ibunya selalu ada untuk membuatnya tetap aman. Timmy juga ada di serial animasiTimmy Time.
- Ibu Timmy, selalu memakai rol di rambutnya dan agak ceroboh untuk menjalani tugas seorang ibu, bahkan sesekali menggunakan Timmy sebagai kuas cat. Namun ketika anaknya tersesat, ia dihibur sampai Timmy kembali dengan selamat dalam asuhannya. Dia juga adalah bibi dari Shaun.
- Kawanan Domba, merupakan sekawanan besar domba yang bahagia dan seperti keluarga: suka bermain dan membuat kerusakan bersama-sama, meskipun biasanya Shaun dan Bitzer yang mengakhiri kekacauan tersebut.
- Peternak, salah satu tokoh kecil dalam serial ini. Dia menjalankan peternakan domba bersama Bitzer. Dia benar-benar tidak menyadari akan kecerdasan atau bahkan kebodohan domba-dombanya.
- Kawanan Babi, 3 ekor babi yang selalu berusaha untuk memusuhi kawanan domba dan membuat mereka dalam kesulitan. Bagaimanapun, mereka takut dengan Bitzer serta pengganggu Shaun dan kawanan dombanya.
- Pidsley, seekor kucing yang bermusuhan dengan Shaun, Bitzer dan kawanan domba pimpinan Shaun.
Karakter Minor
Hewan
- Rooster, adalah seekor ayam, yang muncul pada setiap pembukaan serial Shaun the Sheep
- Ayam Betina, pernah muncul saat episode "Who's the Mummy"(episode: Shaun Jadi Ibu), ketika ia meninggalkan sarangnya untuk menemukan sarang baru. Saat ia kembali ke kandangnya, ia menemukan anak-anaknya hilang, lalu pergi mencari mereka. Berbagai cara ia lakukan, sampai akhirnya ia menemukan anaknya di dekapan Shaun
- Anak-anak ayam, adalah anak-anak ayam yang pernah muncul di episode "Who's the Mummy", ketika anak-anak ayam menetas dan melihat yang ada di dekapan mereka hanyalah Shaun, jadi mereka mengira Shaun menjadi ibu dan terus mengikuti Shaun, yang sebenarnya perbuatan mereka mengganggu Shaun.
- Bebek, pernah muncul di episode "Off The Baa!!" saat ia menderita kerusakan oleh Shaun, di episode "Tidy Up"(Kerja Bakti) saat ia tersedot olehvacuum cleaner saat kawanan domba ingin membersihkan sampah, dan di episode "Bath Time"(Waktunya Mandi) saat ia langsung masuk ke kolam renang yang airnya dingin dan membeku dan akhirnya ditolong Shaun.
- Kambing si Mulut Pemotong Rumput, adalah kambing yang teus makan apa yang ada di hadapannya sekalipun itu batu. Ia muncul di episode "Mower Mouth"(Kambing Pemotong Rumput) saat ia jadi pusat perhatian kawanan domba karena sifat makannya itu, dan di episode "Saturday Night Shaun"(Demam Malam Minggu) saat ia diundang berpesta di kandang kawanan domba.
- Si Banteng, adalah seekor banteng yang agresif, mudah marah, dan benci terhadap warna merah. Ia pernah muncul di dalam episode "The Bull" (Awas Banteng Galak), saat ia mengganggu kawanan domba, juga pernah muncul di episode "Saturday Night Shaun", saat ia menjadi "tamu tak terduga" ke pesta Malam Minggu Shaun, di dalam episode "Who's The Mummy?", dan di dalam episode "Heavy Metal Shaun"(Membuat Patung) saat Shaun menggunakan pendeteksi logam milik peternak yang akhirnya mengundang si banteng.
- Burung-burung, kadang-kadang muncul, salah satunya di episode "Fetching"(Bermain Freesbies) saat salah satu burung terbawa freesbies yang dimainkan Bitzer.
- Lola, adalah seekor domba betina yang pernah muncul di episode "Two's Company" saat ia menjadi bagian dari kawanan domba karena ia salah kirim tujuan.
- She-Bitzer, adalah seekor anjing gembala betina yang pernah muncul di dalam episode "Fetching" saat ia bermain-main dengan Bitzer.
- Kawanan Lain, adalah seekor serigala yang pura-pura menyamar menjadi domba dalam episode "Foxy Laddie", agar ia bisa masuk ke kawanan domba dan dapat memakan Timmy.
Manusia
- Pizza Delivery Boy, adalah seorang pria muda yang mengendarai sepeda kumbang yang bekerja di restoran pizza lokal. Juga pernah muncul di episode "Saturday Night Shaun" saat ia bekerja menjadi tukang pos.
- Keponakan Petani, adalah seorang gadis kecil yang mengacaukan peternakan di dalam episode "The Farmer's Niece" (Si Pengacau Kecil).
- Sopir bis, adalah seorang supir bis yang pernah mengantarkan kawanan domba. Pernah muncul di dalam episode " Takeaway " (Membeli Pizza) dan " Sheep on The Loose "(Ayo Bertamasya!).
- Si Nenek, adalah seorang nenek-nenek yang pemarah. Ia pernah muncul di dalam episode "Save the Tree"(Selamatkan Pohon Kita!)
- Pacar Petani, adalah pacar petani yang pernah muncul di episode "Hair Today, Gone Tommorow"
Alien
- Keluarga Alien, pernah muncul pada episode "Shaun Encounters"(anak Hijau Kembali).
- Alien Lone, adalah alien yang pernah muncul di episode "The Visitor"(Manusia Planet) saat ia tersesat ke Bumi dan ditolong oleh Shaun.
- Para Ilmuwan Alien, adalah dua ilmuwan alien yang pernah muncul pada episode "Cat Got Your Brain?", saat mereka membawa Shaun dan Pidsley untuk diteliti dan secara tak sengaja secangkir kopi tumpah dan menyebabkan malfungsi pada mesin, sehingga menukar antara otak Shaun dan Pidsley, dan akhirnya mereka dibuang kembali ke Bumi dengan keadaan yang tertukar otaknya.
dan ini sedikit foto dari Shaun the Sheep
Tidak ada komentar:
Posting Komentar