Sabtu, 10 Maret 2012

Tips Memilih Cat Rumah

Bingung untuk memilih cat rumah yang paling sesuai untuk rumah Anda. Padahal, memang tidak ada cara umum tentang pilihan warna cat untuk rumah Anda.
Perlu Anda pahami bahwa pilihan warna cat adalah sebuah seni. Dan, dalam seni ada kebebasan. Warna cat akan mencerminkan kepribadian dan gaya hidup Anda sebagai pemiliknya.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan cat rumah agar terlihat harmonis antara lain :
1. Ukuran Ruang
Jika ruang Anda sempit, hindari warna-warna gelap karena akan menimbulkan kesan semakin sempit dan menekan. Gunakan warna-warna terang untuk menimbulkan kesan luas. Ruangan kecil akan kelihatan besar dengan warna muda pada dinding dan warna netral untuk furnitur.
2. Lokasi Bangunan
Ruangan di rumah yang berlokasi di daerah tropis akan lebih menawan dengan warna sejuk atau netral. Anda bisa memilih warna cat rumah seperti hijau, biru, atau ungu untuk membangun perasaan sejuk.
3. Lokasi Ruangan
Ruangan yang menghadap utara, barat laut atau barat daya cenderung mendapatkan sinar matahari tak langsung. Oleh karena itu, ruangan ini sebaiknya menggunakan cat rumah warna hangat, seperti kuning, coklat, atau peach.
Untuk ruangan yang banyak menerima sinar matahari, gunakan warna-warna sejuk, seperti hijau, biru, abu-abu, atau lavender.
4. Tipe Ruang
Kamar tidur orang dewasa bisa menggunakan warna yang nyaman, kalem, dan tenang supaya kondusif untuk tidur. Namun untuk kamar anak bisa dipilih warna yang bisa menstimulasi imaginasi, yaitu warna-warna cerah.
5. Tinggi Ruang
Warna putih pada plafon akan menambah kesan tinggi, sementara warna gelap pada plafon akan memberi kesan ruangan lebih pendek.
6. Bahan Cat Rumah
Perhatikan apakah ada kandungan zat yang berbahaya, tidak mengandung timbal (lead) dan merkuri,serta memiliki kadar senyawa organik yang mudah menguap yang rendah (low VOC/volatile organic compound) dan di beri label hijau cat yang baik.
Sebaiknya Anda memilih cat yang mengandung 100% acrylic dan yang paling ramah lingkungan (environmentally friendly). Ia juga mudah di aplikasikan dan mudah di bersihkan, bahkan idealnya tidak sampai meninggalkan bau cat selama dan sesudah pengecatan.
7. Carilah material cat rumah yang berkualitas
Pilihlah warna yang menciptakan harmoni dengan keseluruhan, warna furniture, lantai atau karpet. Pergantian warna dari satu ruang ke ruang lain sebaiknya mengalir, hindari perubahan warna yang sangat kontras dari satu ruang ke ruang lain.
8. Pakailah tukang yang ahli dalam mengecat
Perhatikan kerapian dalam mengecat: khususnya bagian tepi ruang, sambungan dengan list plafon atau lantai. Semakin rapi bagian ini, semakin rapi ruangan Anda.
9. Jika menggunakan beberapa warna cat rumah
bedakan dalam jumlah atau kuantitas pemakaiannya. Biarkan satu warna sebagai warna dominan, dan jadikan yang lainnya sebagai aksen atau warna pendukung. Misalnya: wana hijau digunakan secara dominan, ditambah sedikit warna violet atau koral akan lebih menarik dibandingkan jika ketiga warna tersebut digunakan dalam jumlah atau kuantitas yang sama.

Sumber: anneahira.com

2 komentar:

Artikel Lainnya:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...