Rabu, 26 Desember 2012

KOTORAN MATA


Salah satu yang orang rasakan ketika bangun tidur adalah adanya kotoran mata, yang kadang lengket dan basah, dan kadang kering sampai membuat sakit saat membuka mata.
Airmata mengandung air, protein, minyak, dan lapisan lendir yang disebut mucin, yang tipikal menutupi permukaan mata untuk melembutkan dan melindunginya dari virus dan bakteri.
 

Tapi ketika mata kita tertutup dan kelopak mata tidak berkedip, kotoran dan serpihan dalam mata tidak dibersihkan secara belanjut oleh airmata, yang membantu melunturkannya. Karena itu, saat malam hari, kekeringan menyebabkan kandungan dalam airmata mengendap keluar.  Kemudian dadih atau kotoran mata itu berkumpul di sudut dalam mata, dimana airmata biasanya berkumpul.
Kotoran mata bisa juga berakumulasi di sudut luar mata atau dimanapun di sepanjang bulu mata.
Bagaimana proses terbentuknya kotoran mata? terbentuknya kotoran mata disebabkan dibagian dalam kelopak mata ada yang kelenjar yang megeluarkan cairan agak lengket. Cairan itu bercampur dengan air mata, melembabkan permukaan mata, mencuci mata dari kotoran halus dan bakteri dan mengalirkanya keluar mata. Cairan dan kotoran tersebut lalu mengeras menjadi kotoran mata. Saat terjadi konjungtivitis, sakit mata dan sebagainya, kotoran mata menjadi banyak, bahkan ada yang sampai melekatkan kelopak mata sehingga sulit dibuka. Selain itu munculnya kotoran mata bisa juga disebabkan oleh tersumbatnya saluran yang menghubungkan air mata ke hidung sehingga tidak bisa mencuci dan mengalirkan kotoran dan lainya dari mata.
  




Kotoran mata akan kering dan menyerpih pada orang yang matanya mudah kering, sehingga kotoran mata menjadi solid karena tidak ada cairan yang cukup.
Orang yang memiliki alergi, kotoran matanya akan lebih berlendir, yang menjadikan airmata lebih basah.
Orang yang memakai lensa kontak lebih sering memiliki kotoran mata sebab lensa kontaknya mengiritasi permukaan mata, sehingga menghasilkan lebih banyak lendir untuk melindungi dirinya. Orang yang memiliki alergi memengaruhi mata mereka atau orang yang suka menggosok-gosok mata terlalu sering, seperti anak-anak, juga bisa lebih sering memiliki kotoran mata.
Jika udara dalam ruangan kering, Anda juga bisa bangun tidur dengan lebih banyak kotoran mata yang kering.
Meski kotoran mata nampak jelek dan jorok, namun itu tidak berbahaya.

Secara alami cukup dengan tangan dan jemari kita saja bisa membersihkan belek yang menempel pada daerah sekitar mata kita. Biasanya belek yang berukuran besar akan mudah tersapu oleh jari-jari kita. Kotoran mata yang menempel erat dan sukar diambil merupakan belek yang perlu kita waspadai. Dengan tangan biasa ada kemungkinan belek itu akan dapat cukup menyakitkan kulit kelopak mata kita. Bila dipaksakan mata kita akan merasa sakit dan otomatis mengeluarkan air mata untuk melumasi belek yang kering tersebut.
Cara yang mudah, bersih higien dan tidak menimbulkan rasa sakit adalah dengan cara membasahi belek tersebut dengan air untuk membuat belek mengembang baik dengan cara cuci muka maupun mandi. Setelah cucimuka atau mandi lalu segera gunakan tisu atau sapu tangan untuk mengusap dan membersihkan daerah mata agar belek tersebut terangkat sempurna. Bila memakai tangan biasanya belek akan hancur dan mengotori tangan kita.
Dengan bersihnya mata dari belekan maka kita akan menjadi lebih pede (percaya diri) dengan orang lain di sekitar kita. Orang lain apabila melihat belek kita yang cukup signifikan ukurannya, dapat menimbulkan rasa jijik dan rasa canggung pada orang tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Lainnya:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...