Selasa, 21 Agustus 2012

Materi Biologi Kelas 8:Bab 1. Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan dan Perkembangan
      Pada hewan dan tumbuhan,pertumbuhan ditandai dengan pertambahan tinggi atau besar. Jadi ,dapat dikatakan bahwa pertumbuhan merupakan proses pertambahnya ukuran mahkluk hidup yang sifatnya tidak kebali lagi .Contoh yang lebih jelas , coba perhatikan diri kamu sejak saat kecil dulu hingga sekarang duduk di bangku sekolah . Terdapat perubahan , bukan ? Tubuhmu semakin besar dan tinggi.


    Bagaimana mahkluk hidup dapat tumbuh ? Pada makluk hidup yang hanya terdiri atas satu sel, pertumbuihan ditunjukan oleh bertambahnya besarnya sel tersebut .Pada makhluk hidup yang tersusun oleh banyak sel , pertumbuhan disebabkan oleh pertambahan jumlah dan ukuran sel-sel penyusun makluk hidup tersebut.Penambahan tinggi tumbuhan dan penambahan tinggi suatu hewan merupakan bukti-bukti bahwa tumbuhan atau hewan tersebut tumbuh.

    Mahkluk hidup tak hanya tumbuh, mahkluk hidup juga mengalami perkembangan . Jika kamu menanam biji tanaman , biji tersebut akan menjadi kecambah . Selanjutnya bukan pertambahan ukuran kecambah saja yang terjadi namun juga perkembangan ke arah bentuk dewasa tanaman tersebut . Miasalnya, biji yang kamu tanam adalah biji kacang merah, maka setelah kecambah yang terjadi bukan hanya pertambahan ukuran kecambah kacang merah saja . Seiring dengan waktu kecambah akan tumbuh membesar membentuk akar, daun,cabang,dan menghasilkan bunga .


    Dari penjelasan tersebut dapat di simpulkan perkembangan merupakan proses perubahan mahkluk hidup dengan pembentukan organ-organ yang mengarah pada kedewasaan. Pada beberapa mahkluk hidup, terutama mahkluk hidup yang mengalami metamorfosis ( proses perubahan bentuk selama pertumbuhan mahkluk hidup hingga mencapai bentukdewasa ) perkembangan yang terjadi dapat diamati dengan cukup jelas. 
   


Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan, perkembangan merupakan proses perubahan makhluk hidup dengan pembentukan organ-organ yang mengarah pada kedewasaan.Pada beberapa makhluk hidup, terutama makhluk hidup yang mengalami metamorosis (proses perubahan bentuk selama pertumbuhan mahluk hidup hingga mencapai bentuk dewasa) perkembangan yang terjadi dapat diamati dengan cukup jelas. Misalnya, pada kupu-kupu. Perhatikan gambar metamorfosis kupu-kupu 



Pertumbuhan dan Perkembangan
 Apakah kamu pernah memerhatikan perubahan fsik  yang terjadi padamu saat ini? Perubahan fsik yang terjadimerupakan tanda kematangan organ-organ reproduksi. Padaumumnya, organ reproduksi anak perempuan lebih cepatmatang dibandingkan organ reproduksi anak laki-laki. Beberapatanda matangnya organ reproduksi pada anak perempuanadalah tumbuhnya rambut di daerah kemaluan, membesarnyabuah dada, dan terjadi menstruasi. Adapun pada anak laki-laki, tampak dari membesarnya jakun (sehingga suara menjadibesar), tumbuhnya rambut di wajah, otot-otot membesar, danmimpi yang diiringi dengan keluarnya sperma (mimpi basah).Oleh karena itu, kamu tidak perlu merasa cemas, takut, ataumalu jika hal-hal tersebut terjadi padamu. Sebab, semua orangakan mengalami hal-hal tersebut.Penyebab munculnya pubertas adalah karena kerjahormon estrogen yang dihasilkan ovarium (pada perempuan)dan testosteron yang dihasilkan testis (pada anak laki-laki). Akibatnya, organ-organ reproduksi berfungsi dan tubuhmumengalami perubahan.Salah satu ciri pubertas pada anak perempuan adalahmenstruasi. Apakah menstruasi itu? Mengapa pada perempuanterjadi menstruasi? Untuk itu cobalah kamu perhatikangambar organ reproduksi perempuan berikut.


Di bagian manakah sel telur dihasilkan? 


  Seperti terlihat pada gambar di atas, organ reproduksi perempuan terdiri dari organ penghasil sel telur (ovarium) yang jumlahnya ada sepasang, saluran sel telur (tuba Fallopi),tempat pertumbuhan bayi (rahim), dan saluran keluarnyabayi (vagina). Pada perempuan yang telah mengalami pematangan organ reproduksi, ovarium akan secara ber-gantian mengeluarkan sel telur.Pengeluaran sel telur pada umumnya terjadi sekitarempat minggu (28 hari) sekali. Misalnya, jika hari ini ovariumkiri yang mengeluarkan sel telur, empat minggu kemudiangiliran ovarium sebelah kanan yang mengeluarkan sel telur.Sebelum ovarium mengeluarkan sel telur, rahim yangmerupakan tempat pertumbuhan bayi sesungguhnya telahbersiap-siap untuk menerima calon bayi yang akan datang.Persiapan yang dilakukan rahim berupa adanya penebalandinding rahim. Jika ada calon bayi yang datang calon bayitersebut terjamin makanan dan kebutuhan lainnya.Pada dinding rahim tersebut, akan banyak pembuluhdarah yang dipersiapkan untuk mengangkut bahan-bahankeperluan calon bayi, seperti bahan-bahan makanan untuk bayi. Jika tidak terjadi pembuahan, maka tidak akan ter-bentuk embrio dan pengeluaran hormon untuk memper-tahankan ketebalan dinding rahim.Oleh sebab itu, jika tidak terjadi pembuahan, sel-sel dinding rahim akan menciut, lalu mati dan akhirnyameluruh (Perhatikan Gambar 1.12). Peluruhan dindingrahim ini akan keluar bersama darah, lendir, dan cairan yang berasal dari dinding rahim tersebut. Proses ini dikenaldengan menstruasi. Pendarahan menstruasi berlangsung1 sampai 8 hari. Jika kamu seorang perempuan, janganlah panik jika mengalami menstruasi. Bahkan harus bersyukurkarena dengan menstruasi berarti tubuhmu sehat dan organreproduksimu berfungsi normal. 
Hal Penting
 Menstruasi adalahsebuah proses dalam siklusmenstruasi dimana dindingrahim meluruh bersamaandengan darah dan sel telur.
Yang tidak dibuahi.Menstruation is a period in menstrual cycle in whichthe uterine lining breaks downand is expelled out of thebody along with blood ang theunfertilized egg.
Dinding rahim akan luruh jika tidak terjadi pembuahanpada sel telur. Peristiwa inidinamakan menstruasi.

 
Tahukah kamu mengapa menstruasi terjadi kurang lebihsebulan sekali? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya,setiap satu bulan sekali, salah satu ovarium mengeluarkansel telur. Rahim juga mengalami penebalan dinding setiapbulannya. Artinya, setiap bulan akan terjadi menstruasi. Apakah menurutmu perempuan yang hamil mengalamimenstruasi? Tentu tidak. Jika terjadi pembuahan, artinyaterjadi kehamilan, maka tidak akan terjadi menstruasi.Sebab rahim akan berungsi menjaga calon bayi dan tidak akan mengalami peluruhan dinding rahim.Setelah melewati masa remaja, kamu akan memasukimasa dewasa sebagai tahapan selanjutnya dari perkembanganmanusia. Pada masa ini pertumbuhan tubuhmu mencapaiukuran maksimal. Tinggi badanmu akan terhenti pada usiasekitar dua puluh tahunan. Selama masa dewasa, pemahamanemosional akan terus berkembang, berpotensi untuk terusbelajar, mengembangkan diri dalam hal keterampilan, danaktualisasi diri, bekerja, membina hubungan sosial, danterus berprestasi.Segala potensi pada masa dewasa akan mengalamikemunduran ketika memasuki masa tua. Ini terjadi padausia sekitar 60 – 65 tahun. Apakah kamu memiliki kakek atau nenek? Perhatikanlah perubahan fsik yang terjadi padamereka?Tubuh semakin renta, wajah dan tangan mulai keriput,kesehatan menurun, kecerdasan menurun, bahkan padausia lanjut orang mudah lupa dan membutuhkan banyak istirahat, sehingga lebih banyak menghabiskan waktunyauntuk beristirahat. Pada masa ini aktivitasnya menurun danmulai sulit melakukan kegiatan sehari-hari, seperti berjalandan lain-lain.
Pada masa tua wajah tampak berkeriput dan kondisikesehatan menurun.



sumber:http://biological8.blogspot.com/2012/01/bab-1-pertumbuhan-dan-perkembangan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Lainnya:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...